Tokoh Protagonis dan Antagonis

Posted: September 10, 2010 in materi kelas XI

1. Pengertian Tokoh

Menurut Panuti Sudjiman (1988 : 16), tokoh adalah individu rekaan yang mengalami peristiwa atau berlakuan dalam berbagai peristiwa dalam cerita. Tokoh ini menjalankan alur dalam cerita dan dapat dikatakan sebagai mata air kekuatan sebuah cerita. Tokoh diharapkan dapat menyampaikan tema kepada penikmat sastra.

Sifat tokoh dalam cerita bisa diungkapkan dengan berbagai cara, diantaranya melalui: tempat tokoh tersebut berada, tindakan, ucapan dan pikirannya, kesan tokoh lain terhadap dirinya, benda-benda di sekitar tokoh, deskripsi langsung secara naratif oleh pengarang.

2. Macam-macam tokoh

Hariyanto (2000 : 34) berpendapat jika dilihat dari pengembangan wataknya tokoh terbagi atas tokoh statis dan berkembang. Tokoh statis adalah pelaku dalam sastra drama yang dalam keseluruhan drama tersebut sedikit sekali bahkan tidak berubah wataknya. Sedangkan tokoh berkembang adalah pelaku dalam sastra drama yang dalam keseluruhan drama tersebut mengalami perubahan atau perkembangan watak.

Jika dilihat dari fungsinya Hariyanto (2000 : 10) menggolongkan tokoh menjadi tiga yaitu protagonis, antagonis, dan tritagonis. Tokoh protagonis membawa misi kebenaran dan kebaikan untuk menciptakan situasi kehidupan masyarakat yang damai, aman, dan sejahtera. Namun, cita-cita tokoh protagonis ini tidak selalu mulus karena adanya perlawanan dari tokoh antagonis.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s